Air Nabeez Infused Water ala Nabi



Apakah itu air Nabeez..?
Air nabeez yaitu air rendaman (infused water) kurma/kismis (raisins). Kurma atau kismis direndam di air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) serta diminum keesokkan paginya.

Sumber menyampaikan : air nabeez ini adalah kesukaan Rosulloh SAW. Nabi merendam sebagian butir kurma atau kismis (satu diantaranya) didalam air untuk semalaman (dalam wadah bertutup) serta meminum air rendaman kurma itu diwaktu pagi hari. Airnya nabi minum & buah kurma yg telah lembut, nabi telan sekali telan.


Terdapat banyak hadis yang mengatakan perihal langkah bikin air nabeez ini, satu diantaranya kisah dari Imam Muslim seperti berikut :

Aisyah pernah di tanya perihal nabeez, lalu ia memanggil seseorang budak wanita asal Habasyah. “Bertanyalah pada wanita ini! ” Kata Aisyah. “Karena ia dulu pernah bikin nabeez untuk Rasulullah SAW, ” imbuhnya.

Lantas wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah bikin nabeez untuk beliau dalam suatu kantung kulit saat malam hari. Lalu saya mengikatnya serta menggantungnya. Lantas pada pagi harinya beliau SAW meminumnya. ”

Dari Aisyah dia berkata, “Kami umum bikin perasan untuk Rasulullah SAW didalam air minum yang bertali di atasnya, kami bikin rendaman pada pagi hari serta meminumnya di sore hari, atau bikin rendaman di sore hari lalu meminumnya pada pagi hari. ” (H. R. Muslim)

Bicara mengenai infused water. Orang barat baru saat ini faham serta baru mempopulerkan manfaat infuse water ini. Namun Nabi kita sudah lama lakukan hal semacam ini.

Dari sisi kesehatan badan, buah kurma sudah dapat dibuktikan sebagai :

1. Pemberi & pemulih tenaga (inilah karena kenapa kita disunahkan untuk mengonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa).

2. Tinggi kandungan fiber ~ menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul didalam badan. Sangatlah bagus dalam menyingkirkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit).

3. Pemberi zat besi yang sangatlah bagus.

4. Kaya akan pottassium ~ penting dalam menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah.

► Khasiat air nabeez

Air nabeez yaitu minuman berakali, yang dapat membantu buang keunggulan asam pada perut serta memulihkan system pencernaan tubuh. Juga menolong tubuh untuk singkirkan bahan2 racun yang berbahaya di dalam badan. Dalam kata lain betguna juga sebagai sebagai detox.

Dikarenakan air nabeez tinggi bakal kandungan fiber, ia dapat menolong sistem pencernaan yang baik & tingkatkan/menajamkan fikiran. Supaya kita tak mudah lupa.

Cara membuat air nabeez :

Rendamlah beberapa butir kurma (sebagusnya dalam bilangan ganjil) ke dalam air masak didalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat. Keesokkan paginya (+ 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu, dimakan begitu sahaja.

Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa. Tapi kalo tidak ada kurma ajwa ~ bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.

Kalau ingin membuat air nabeez dengan menggunakan buah kismis pun bisa. Caranya ambil segenggam kismis, kemudian direndam dalam segelas air. Dan dibiarkan semalaman seperti membuat air rendaman kurma.

Kalau ingin meminum air nabeez di waktu pagi hari, siapkan rendaman kurma / kismis pada sore menjelang malam. Dan kalo ingin meminum air nabeez di waktu malam, buatlah rendaman kurma / kismis di waktu pagi hari (+ 8 sampe 12 jam perendaman).

► Larangan dalam membuat air nabeez :

Hanya menggunakan salah satu daripada kedua buah2an (Kurma / Kismis) pada satu2 waktu. Tidak boleh mencampurkan antara kurma & kismis dalam membuat air nabeez. Maksudya tidak boleh mencampurkan kedua buah tersebut dalam satu wadah.

Air nabeez bila tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari.

Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma / kismis yang sudah memasuki lebih dari3 hari. Ini disebabkan air rendaman kurma / kismis yang dibiarkan melebihi 3 hari terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis / kurma tersebut menjadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum.

Oleh karena itu, lebih baik membuat air nabeez fresh daily.

Dalam meminum atau menikmati Air nabeez ini dapat ditambah dengan susu / yogurt untuk dijadikan smoothie juga 


Ulasan

siti saniah berkata…
Assalamualaikum.tq atas perkongsian maklumat ini. semoga saudari mendapat pahala kerana memanjangkan maklumat berkaitan air nabeez ini.;-)

Catatan Popular